Sabtu, 12 Januari 2013

Hidayah itu hak Allah swt.



Maha Suci Allah swt. yang telah memberikan kita sebuah nikmat terindah dalam hidup kita yakni nikmat hidayah. Semoga Allah senantiasa memberikan kita kekuatan untuk senantiasa istiqomah di jalanNya. Mungkin kita pernah membaca riwayat-riwayat tentang hamba-hamba Allah swt. yang awalnya begitu kokoh dalam ketakwaan dan kesholehannya namun berakhir dengan kegagalan untuk istiqomah dalam akhir hidupnya. Sebaliknya, mungkin kita juga pernah mendengar kisah-kisah tentang orang yang selalu berbuat kerusakan selama hidupnya, namun di akhir kisah hidupnya Allah swt.  berikan cahaya dalam kematiannya dengan bertaubat.

Kebesaran Allah swt. atas hidayah yang diberikan kepada manusia menunjukkan bahwasannya manusia itu begitu kecil dan lemah. Sedikitpun manusia tidak berdaya merubah apapun yang ditetapkan oleh Allah swt. barangsiapa yang diberikan petunjuk oleh Allah swt. maka tidak ada yang bisa menyesatkannya, dan barangsiapa yang disesatkan oleh Allah swt. maka tidak ada yang bisa memberikan petunjuk.

Jikalau kita coba menilik kembali atas apa-apa yang telah diusahakan oleh manusia maka ketahuilah bahwasannya sedikitpun manusia tidak dapat menggeser keinginan Allah swt. Sekuat apapun manusia itu mencoba untuk merubah sesuatu jika Allah swt. tidak mengizinkan maka tidak akan pernah sesuatu itu terjadi. Kita ambil contoh seorang mubaligh ataupun da’i, jikalau Allah swt. tidak ridho dengan seseorang untuk diberikan petunjuk maka sehebat apapun seorang da’i tersebut menyampaikan risalah rasulullah saw. Tidak akan merubah orang lain.

Ada juga kisah tentang orang alim yang sering dizalimi dan dianiaya oleh orang terdekatnya. Namun, orang alim tersebut dengan sederhana hanya berdoa kepada Allah swt. supaya orang yang menganiaya dirinya itu diberikan petunjuk dan dibukakan pintu hatinya. Dan ternyata doa itu dikabulkan oleh Allah swt. hingga orang zalim tersebut pun merubah dirinya dan menjadi orang baik.

Hidayah itu merupakan rahasia Allah swt. Hal yang perlu kita ingat adalah bahwasannya kehadiran kita di dunia ini merupakan ladang ujian untuk meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar. Bukan berarti kita tidak butuh seorang ustadz. Untuk berceramah, atau seorang guru untuk mendidik, dan petugas-petugas lainnya yang menjaga pos-pos dalam hidup ini. Namun, hal utama yang harus kita fahami dibalik itu semua bahwasannya ada campur tangan Allah swt. terhadap semua peristiwa yang terjadi di muka bumi.

Bagi seorang ulama marilah terus tetap semangat untuk berdakwah. Bagi para guru terus tetap mengabdi untuk kecerdasan anak-anak bangsa. Bagi pak polisi terus tetap mulia dengan mengatur kemanan negara. Dan semuanya untuk masing-masing profesi yang Allah amanahkan. Tetap berbuat baik dan istiqomah dijalan-Nya. Semoga Allah swt. mengkaruniakan kita SyurgaNya di akhirat kelak atas usaha maksimal yang kita lakukan.

Bagi yang telah menjadi orang baik sejak kecil bersyukurlah pada Allah swt. yang telah memberikan kita keistimewaan. Mungkin kita menjadi seperti ini berkat keridhoan Allah swt. atas orangtua kita yang selalu bersabar atas kenakalan kita saat kecil,doa para tetangga kita dulu yang pernah kita zalimi, atau guru-guru yang sering kita lawan.

Bagi orang-orang yang masa lalunya kelam, bersyukurlah kepada Allah swt. karena tlah memberikan kita hidayah sehingga kita bisa lebih bermanfaat hari ini. Mungkin kita menjadi baik seperti saat ini berkat doa orang-orang yang pernah kita sakiti agar kita jadi anak yang baik. Doa para pengemis yang kita lempari koin kepadanya dengan kasar, doa orang-orang shaleh yang pernah kita zalimi, doa pembantu kita yang sering kia bentak, dan semua harapan orang lain terhadap diri kita. Maka dari itu, jangan sia-siakan hidayah yang Allah swt. berikan itu.

Bagi yang masih menjalani hidup dengan keburukan bersyukurlah kepada Allah swt. karena kita masih diberikan kesempatan hidup sampai dengan hari ini. Jemputlah hidayah Allah swt. Minimal, mari kita niatkan dan tanamkan kepada diri kita bahwasannya kita harus menjadi orang yang baik. Mudah-mudahan Allah swt. memberikan hidayah dan keistiqomahan kepada kita semua.

2 komentar:

  1. Dengan Hidayah Allah SWT, orang yang keluar dari jalan yang benar bisa kembali lagi menjadi orang yang berjalan di jalan yang benar..

    BalasHapus
  2. asalamualaikum
    artikel pencerahan rohani
    semoga kita semua mendapat hidayah dari Allah swt

    BalasHapus