Senin, 07 Januari 2013

Menjadi kaya dengan bersyukur


Maha suci Allah swt. yang tlah mengkaruniakan kita kekayaan hati dan jiwa sehingga kita menjadi pribadi yang menawan dengan senantiasa meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah swt. Semoga Allah swt. selalu mencukupkan kehidupan kita di dunia ini.

Hidup ini terkadang sering diidentikkan dengan suatu proses yang sifatnya sangat hedonistik. Hidup dengan kekayaan dan mencintai kesenangan praktis.Terserah apakah itu merupakan perbuatan yang benar-benar menenangkan hati ataupun tidak, yang penting  asalkan bisa hidup dengan banyak harta maka bahagia.
Tampaknya kita harus berani mengambil sikap dan mencermati kembali tentang hakikat dari sebuah kekayaan. Siapa diantara kita yang tidak ingin hidup kaya? Rasanya tidak ada yang tidak menginginkannya. Seolah itulah perhiasan yang terbaik di dunia ini. Padahal tidak selamanya kekayaan identik dengan kebahagiaan dan kesejukan hati.

Banyak orang yang memiliki harta yang berlimpah dengan rumah besar dan mobil mewahnya tapi tidak selalu menghasilkan kebahagiaan. Bahkan tak jarang harta-harta tersebut akan membawa kita pada rasa ketidaknyamanan. Waktu-waktu yang tersisa terkadang hanya lebih banyak dihabiskan untuk memikirkan harta kita. Justru malah jadi tidak menikmati sesuatu yang kita dapatkan tersebut.

Ketahuilah saudaraku bahwasannya kunci sukses yang akan membuat diri kita kaya dan terus merasa kaya adalah dengan cara bersyukur. Orang-orang yang pandai bersyukur maka dalam setiap langkahnya selalu merasa cukup dan bahkan merasa diberikan bonus oleh Allah swt. Setiap gerak-gerik langkah yang dijalaninya selalu merasa bahwa Allah swt. memberikan kelebihan-kelebihan dalam dirinya.
Mari coba sejenak kita menghitung seberapa banyak nikmat dari Allah swt. yang hari ini kita konsumsi. Semuanya kita nikmati dengan gratis. Dari mulai kenikmatan hidup, kenikmatan melihat, kenikmatan mendengar, kenikmatan bernafas, dan banyak kenikmatan-kenikmatan lainnya yang kesemuanya itu tidak akan pernah didapat selain atas izin Allah swt.

Mengapa manusia jarang sekali merasa senang dengan bersyukur. Padahal syukur yang akan membuat hidup kita semakin lapang, fikiran kita semakin jernih, dan  hati kita yang semakin ikhlas. Hikmah lain yang kita dapatkan dengan bersyukur adalah syukur itulah yang membantu kita menyadarkan bahwasannya diri kita ini lemah dan penuh dengan kekurangan. Dengan bersykur kita dapat merendahkan diri kita di mata Allah swt. karena ternyata selama ini kita hidup di dunia tidak punya apa-apa dan akan dikembalikan dalam keadaan tidak memiliki apapun.

Pesannya, jangan pernah berhenti bersyukur. Karena syukurlah modal dasar kita untuk dapat menjadi pribadi yang kaya secara psikologis. Merasa cukup, merasa cukup, dan merasa cukup atas apa-apa yang Allah titipkan kepada kita.





1 komentar:

  1. semuanya kalo disyukuri akan menjadi lebih indah..:)

    BalasHapus